• Gunung Rinjani adalah satu gunung yang wajib ‘ditaklukkan’ bagi para pendaki. Gunung Rinjani juga merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, yang menarik para pendaki gunung domestik maupun mancanegara. Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl, pendaki dapat menggunakan jalur pendakian melalui Sembalun dan Senaru. Dalam setahun, tiga bulan diantaranya ditutup untuk umum, tidak boleh dikunjungi. Alasan ditutup adalah untuk peremajaan dan karena pada bulan Januari-Maret cuaca di Rinjani kurang bersahabat buat para pendaki. Nah pastinya ditutupnya Gunung Rinjani pada bulan tertentu membuat beberapa pendaki merasa ‘galau’.

    Keeksotisan gunung Rinjani sudah bukan menjadi rahasia lagi bagi para pendaki. Oleh karenanya setiap yang menyatakan dirinya sebagai ‘pendaki’ harus bisa menaklukkan gunung Rinjani. Namun, jangan bersedih, karena ada sebuah bukit yang pemandangannya tidak kalah dari gunung Rinjani. Namanya adalah Kawasan Wisata Bukit Pergasingan. Bukit ini memiliki ketinggian 1.670 mdpl berada di sisi timur laut Gunung Rinjani.

    Bukit Pergasingan tepat berada di Desa Sembalun, Lombok Timur, yang menawarkan solusi alternatif buat kawan ransel yang ingin naik gunung saat Rinjani ditutup. Cukup mendaki dalam waktu kurang lebih 3 jam, kawan ransel sudah bisa menikmati panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan puncak Rinjani sebagai backgroundnya.

    Pergasingan berasal dari kata Gasing, yang merupakan sebuah benda permainan tradisional yang diputar dengan menggunakan tali disebut (sembalun: Alit), karena diyakini oleh masyarakat Sembalun bahwa pada zaaman dahulu tokoh-tokoh terkenal pada masa itu suka berlomba main gasng di puncak gunung yang datar ini. kegiatan ini rutin mereka lakukan sebagai ajang olahraga atau kepintaran main gasing diantara mereka.

    Untuk kawan ransel yang ingin bermalam di bukit ini, perlengkapan tracking tetap harus dipersiapkan. Begitu juga dengan logistik yang memadai. Jalur pendakian tidak bisa dianggap sepele karena di beberapa titik kita akan menemui kemiringan kurang lebih 65 derajat. 3 jam pendakian akan sangat melelahkan namun itu juga setimpal dengan pemandangan yang disajikan baik saat dalam perjalanan mendaki sampai berada di puncak.

    Dari Desa Sembalun Lawang, pendaki dapat menuju pintu rimba dengan berjalan kaki dan juga menggunakan ojek motor atau menyewa mobil pick up. Dengan medan pendakian yang hanya curam di awal, pemandangan yang ditawarkan oleh bukit ini amat beragam mulai dari persawahan yang membentuk pola, Gunung Rinjani, pemukiman Desa Sembalun, hingga lanskap perbukitan.

    Pendaki akan dimudahkan dengan anak tangga yang berjumlah 105 buah sebelum mendaki di jalur tanah berbatu. Jalur dengan kemiringan berkisar 60-70 derajat menyambut para pendaki. Medan di awal pendakian berupa punggung bukit yang di kiri dan kanan terdapat jurang terjal.

    Tiba di puncak satu Bukit Pergasingan, sabana yang cukup luas terhampar. Dari puncak satu, terlihat Gunung Rinjani berdiri dengan sangat gagah. Sebuah kolah air besar bersebelahan dengan kebun sayur terlihat dari puncak satu.

    Selain puncak satu, pendaki juga dapat menuju puncak dua yang berjarak sekitar 1,5 km dari titik pemberhentian pertama. Jalur yang ditempuh cukup landai dan melewati hutan tropis yang ditumbuhi rerumputan. Melintasi deretan pohon cemara gunung yang tumbuh di bukit. Setelah mendaki bukit gndul tanpa pepohonan, kanopi dari hutan cukup membuat teduh dari paparan sinar matahari. Pada ujung jalur, puncak dua menghampar ditumbuhi rerumputan.

    Pendakian Bukit Pergasingan dapat ditemph dalam dua hari satu malam perjalanan. Pendakian umumnya dimulai ketika dini hari pukul 02.00 WITA dan tiba sebelum fajar menyingsing. Masalah perizinan dan pemandu pendakian, pendaki dapat menghubungi komunitas lokal yaitu Pusat Pengembangan Masyarakat Sembalun.

    Begitu kayanya alam Indonesia, kawan ransel. Kenapa harus mencari yang jauh kalau di Indonesia sudah tersedia semuanya? Cintai alam Indonesia ini sebagai anugerah terindah dari Tuhan, lestarikan dan selalu jaga agar tetap indah dan bisa dinikmati oleh setiap orang.