• Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang harus ‘ditaklukkan’ bagi para pendaki di Indonesia. Gunung Rinjani terletak di Lombok Utara, merupakan puncak tertinggi di Nusa Tenggara Barat dan tertinggi ketiga di Indonesia, dengan ketinggian sekitar 3726 m dari permukaan laut. Gunung ini diyakini sebagian mayarakat Lombok sebagai tempat bersemayam ratu jin bernama Dewi Anjani, putrid raja Datu Tuan dari permaisurinya Dewi Mas, yang memerintah sebuah kerajaan kecil di Lombok.

    Gunung rinjani merupakan salah satu tujuan wisata di Pulau Lombok yang cukup diminati. Gunung Rinjani mempunyai pemandangan alam yang paling indah bila dibandingkan dengan gunung lain di Indonesia, bahkan ada yang menyebutnya sebagai yang paling indah di Asia. Diantara daya tarik Gunung Rinjani adalah panorama kaldera, danau, puncak, kawah, air terjun, mata air panas, goa, lubang letusan dan aliran lava baru. Dan juga beberapa titik di sekitar gunung rinjani seperti Senaru, sembalun dan Tetebatu yang juga disinggahi para wisatawan karena keindahan alam pegunungannya.

    Ada hala yang paling eksotis yang dapat dijumpai di Gunung Rinjani, yaitu adalah Segare Anak (Segare artinya laut dan Anak artinya anak) yang terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Rinjani. Danau ini terletak 2.800 m, dan terdapat berbagai jenis ikan disini seperti ikan mas, mujair dan harper. Masyarakat menyebutnya Segare Laut karena warna air di danau ini berwarna biru seperti laut.

    Di dekat danau Segare Anak juga terdapat gunung kecil yang disebut Gunung Baru Jari (New Mountain). Gunung Baru tergolong masih aktif dan sering mengeluarkan gas, sehingga jarang ada pendaki yang bisa ke puncak Gunung Baru.

    Selain panorama alam yang tiada duanya, Gunung Rinjani juga menawarkan pesona lain, yaitu berupa keunikan dari flora dan faunanya yang beraneka ragam. Ketika mendaki Gunung Rinjani, Anda akan melihat betapa kayanya Gunung Rinjani, karena setiap 1.000 m pendakian, Anda akan melihat jenis flora yang berbeda, misalnya pada ketinggian 2.000 m Anda akan menemukan banyak cemara gunung, dan pada ketinggian 3.000 m Anda akan melihat banyak bunga edelweiss.

    Selain floranya yang beraneka ragam, Gunung Rinjani juga menawarkan fauna yang beraneka ragam. Tercatat ada 109 jenis burung hidup di Gunung Rinjani. Beberapa diantaranya adalah jenis burung yang ada di Australia, monyet perak yang berasal dari Bali, rusa dan landak. Sememntara di Pelawangan Sembalun, Lombok Timur terdapat monyet ekor panjang yang suka mengganggu kemah para pendaki. Mereka sangat pandai membuka tenda untuk mengambil makanan dan dikenal sangat garang dan berani.

    Pesona itulah yang membuat Gunung Rinjani memiliki pesona tersendiri bagi para pendaki di Indonesia maupun mancanegara. Namun dibalik pesona yang ditawarkan, Gunung Rinjani merupakan salah satu dari enam gunung di Indonesia yang cukup berbahaya untuk di daki, dan tercatat sudah banyak korban akibat mendaki Gunung Rinjani. Cuaca buruk dan suka datang tiba-tiba di Gunung Rinjani menjadi salah satu penyebabnya, sehinggan membuat para pendaki kadang tersesat dan akhirnya ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa.

    Oleh sebab itu, apabila Anda ingin mendaki Gunung Rinjani disarankan untuk mendaki Gunung Rinjani ditemani pemandu, supaya Anda tidak tersesat. Banyak paket tur ke Gunung Rinjani, dari pendaki pemula hingga pendaki yang terbilang senior. Dengan mengikuti paket tur tersebut, setidaknya akan mengurangi risiko bahaya yang ditimbulkan, dan Anda juga akan merasa tenang dalam mendaki, tidak perlu terlalu was-was.